4 Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Blog di Tahun 2020

 



Mendapatkan uang melalui internet kini bukan lagi hal yang mustahil. Ada banyak cara yang bisa membuat kita mendapatkan penghasilan tambahan dari internet.  Di era yang semakin canggih ini, beragam jalan untuk mendapatkan pundi-pundi keuntungan bisa dilakukan dengan berbagai cara termasuk ditemukannya cara mudah menghasilkan uang dari blog.

Salah satunya adalah melalui Blog. Blog merupakan media yang cukup terjangkau dan bisa dipelajari siapa saja. Dengan menulis blog, selain bisa berbagi pengetahuan serta pengalaman yang kita miliki, kita juga bisa mencari uang dari sana. Bagaimana caranya?

Berikut ini 4 cara mudah menghasilkan uang dari blog.

1. Memasang Adsense



Cara mudah menghasilkan uang dari blog yang paling banyak sering oleh para blogger adalah memasang adsense atau iklan pada halaman blognya. Dengan memasang iklan yang bersistem CPC (Cost Per Click), para blogger bisa mendapatkan keuntungan jika pengunjung blog mengklik iklan tersebut. Iklan dapat berupa teks, gambar hingga video. 

Salah satu layanan penyedia adsense adalah Google Adsense. Kita bisa mendaftarkan blog kita pada Google Adsense jika sudah memenuhi persyaratannya. Salah satu persyaratannya adalah pemilik blog sudah berusia 18 tahun. Disarankan mendaftarkan saat blog yang kita bangun menginjak umur 1-6 bulan. Atau setidaknya blog kita sudah memiliki pengunjung tetap dan konten menarik yang diposting secara rutin.

Semakin banyak pengunjung yang mampir ke laman blog kita, maka keuntungan yang kita dapatkan juga akan semakin besar.


2. Menjual produk atau jasa


Cara kedua ini juga bisa diterapkan jika kita sedang menjalankan sebuah usaha. Buat konten menarik yang berhubungan dengan produk yang kita jual. Kemudian sisipkan promosi barang atau jasa yang dijual dalam konten tersebut.

Dengan cara mudah menghasilkan uang dari blog ini kita bisa mengembangkan konten dari produk, misalnya kita menjual bibit tanaman. Maka buat blog yang membahas tentang tips-tips menanam, dalam konten blog selipkan tips bahwa tanaman bisa tumbuh dengan baik juga karena faktor bibit yang unggul. Kemudian promosikan produk yang kita jual. Sehingga pembaca tidak sekedar menerima promosi kita, tetapi juga mendapatkan pengetahuan dari konten kita.

(Baca Juga: Langkah Mudah Membuat Blog Untuk Pemula)

Barang yang bisa kita jual tidak selalu berbentuk fisik, kita juga membutuhkan blog untuk mempromosikan barang yang tidak memiliki bentuk fisik seperti software, E-book dan lain sebagainya.

Semakin banyak pengunjung yang membaca konten tersebut, maka semakin luas barang/jasa yang kita jual dikenal oleh khalayak. Dan semakin besar juga kesempatan untuk barang atau jasa tersebut dibeli. Sehingga kita juga bisa mendapatkan penghasilan dari berjualan jasa/barang dengan cara menulis blog

.

3. Melalui Endorsement


Selain platform media sosial yang banyak digunakan oleh influencer masa kini, Blog juga merupakan media yang tepat untuk mereview suatu produk atau jasa. Dengan mereview produk, kita berpeluang mendapatkan kerjasama berupa endorsement dari suatu brand.

Kerjasama yang lazim dilakukan adalah kita diminta mereview suatu produk secara detail dalam blog kita. Dengan tujuan memberikan referensi serta testimoni pada calon pembeli produk tersebut. Sehingga secara tidak langsung blog kita turut berperan mempromosikan produk tersebut.

Keuntungan dari program endorsement ini selain mendapatkan uang dari blog, biasanya kita juga akan mendapatkan sampel produk gratis yang akan direview.


4. Melalui Program Afiliasi



Program afiliasi juga sering dilakukan oleh para blogger. Biasanya kita akan diminta mencantumkan banner ataupun tautan dalam konten kita. Tautan tersebut akan menuju sebuah produk yang ditawarkan di website lain.

Jika pengunjung blog kita membeli produk tersebut maka kita akan mendapatkan keuntungan dari komisi yang diberikan oleh website yang menjalin program afiliasi dengan kita.

Program ini sering dijadikan alternatif apabila blog kita tidak kunjung mendapatkan persetujuan penayangan iklan dari Google Adsense. Karena program afiliasi lebih mudah dilakukan oleh pemula sekalipun. Selama kita memiliki konten yang menarik dan pengunjung blog. Sehingga pemula juga bisa mendapatkan  uang dari blog.

 

Nah, itu tadi beberapa cara mudah menghasilkan uang dari blog. Semoga teman-teman blogger semakin semangat dalam menulis konten blog dan bisa segera mendapatkan pundi-pundi rupiah dari blog masing-masing ya.

0 Comments