5 Langkah Mudah Membuat Blog Untuk Pemula

 




Seiring berkembangnya zaman, orang-orang berbagi insight dan pengetahuan lewat banyak media. Mulai dari media yang berbasis audio video hingga teks. Salah satu media yang tetap bertahan sejak beberapa tahun yang lalu adalah blog.

Secara tidak langsung blog juga berperan dalam mengembangkan gaya hidup di era ini. Tidak sedikit orang yang menjadikan kegiatan menulis blog sebagai profesi , sebagai penunjang pemasaran digitalnya atau bahkan sekadar untuk sarana berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Jika kamu merupakan seorang pemula yang ingin mulai membuat blog baik untuk pribadi ataupun untuk instansi, komunitas dan sebagainya, berikut adalah beberapa langkah mudah membuat blog dari awal yang dapat dilakukan oleh pemula.

 

1. Pilih platform blog

person typing on laptop computer

 

Tahap paling awal adalah membuat blog adalah memilih platform. Ada banyak platform blog gratis yang bisa kamu manfaatkan. Misalnya seperti Blogger, Wordpress, Tumblr, Medium, Wix dan masih banyak lagi.

Setiap platform memiliki kekurangan maupun kelebihannya masing-masing, untuk pemula yang ingin mulai membuat blog, bisa pilih platform yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Untuk membuat blog di platform tersebut, kamu cukup mengunjungi website-nya lalu melakukan sign up atau registrasi. Kemudian lengkapi data sesuai dengan yang diminta oleh platform.

 

2. Tentukan tema blog

woman browsing on her laptop

Tentukan tema apa yang ingin ditulis. Usahakan menulis bidang yang kamu sukai. Hal ini juga dapat membantu kita agar tetap senang dan konsisten menulis blog. Karena jika kita menulis sesuatu yang menjadi passion ataupun kesukaan kita,  selain bisa mengeksplor lebih jauh tentang bidang tersebut, pengunjung dapat mengidentifikasi blog kita sebagai spesialis dalam bidang tersebut sekaligus kita dapat menentukan sasaran audiens yang tepat.

Memang lebih baik jika blog kita berfokus pada satu tema saja. Misalnya kamu suka dengan dunia fashion. Maka konten yang ditulis berkisar pada fashion. Blog dengan tema yang konsisten biasanya lebih menarik bagi pembacanya. Karena penulis akan dianggap expert dalam bidang tersebut.

Namun tidak masalah jika ingin membuat blog yang berisikan macam-macam tema. Terdapat langkah mudah untuk pemula dalam membuat blog dengan tema postingan yang bermacam-macam. Caranya adalah tentukan sekitar 5-7 tema untuk artikel apa saja yang akan ditulis dalam blog tersebut. Jangan memilih terlalu banyak tema karena bisa membuat target audiens blog kita bias. 

 

3.  Siapkan domain dan hosting

assorted icon lot

 

Setelah menentukan tema yang tepat untuk blog, pilih domain dan siapkan hosting untuk blogmu. Domain merupakan alamat untuk memudahkan pengunjung pergi ke blogmu. Contohnya seperti : wic-portofolio.blogspot.com. Nah dengan mengetikkan domain tersebut di kolom link, nantinya pengunjung akan langsung diarahkan ke halaman blog kita.

Sedangkan hosting adalah wadah dari website kita. Jika diilustrasikan, domain adalah alamat website sedangkan hosting adalah rumahnya. Karena hosting merupakan tempat menampung beragam data-data di blog kita.

Pilih domain dengan kata yang cocok dengan tema blog kita. Atau jika kita menulis blog dengan macam-macam tema, kita bisa menggunakan nama sendiri sebagai bagian dari domain tersebut. Misalnya CatatanAlina.blogspot.com.

Ada domain yang gratis, namun ada pula yang berbayar. Jika kita menggunakan domain bawaan dari platform seperti CatatanAlina.blogspot.com , CatatanAlina.wordpress.com dan sebagainya, maka kita tidak perlu membayar biaya domain. Namun jika kita ingin membeli domain dengan ekstensi lain misalnya seperti CatatanAlina.com , CatatanAlina.net, CatatanAlina.site dan sebagainya, maka kita perlu membeli domain tersebut ke website penyedia jasa domain.

Untuk pemula yang baru belajar membuat blog, mungkin dengan domain bawaan dari platform sudah cukup untuk memulai blog.

 

4. Rutin menulis

woman writing on paper inside well-lit room

Jangan lupa untuk rutin menulis artikel. Usahakan menulis artikel setidaknya 1 minggu 1 kali. Semakin sering, justru semakin baik. Lengkapi tulisan dengan media gambar untuk membuat blog kita semakin menarik.

Pastikan artikel yang kita tulis adalah artikel yang bermanfaat dan akan dicari oleh orang. Perbanyaklah membaca serta mengikuti isu dan trend yang ada. Serta jangan lupa untuk sering-sering melihat website kompetitor. Agar kita bisa mengembangkan blog dengan lebih baik lagi.

Pelajari teknik menulis dengan SEO (Search Engine Optimization) agar postingan blog kita bisa berpeluang ada di peringkat pertama pencarian Google. 

 

5. Promosikan Blog ke Sosial Media

facebook button pins

Tahap yang tidak kalah penting dalam membuat blog untuk pemula adalah mempromosikan blog. Jangan lupa untuk mempromosikan blog yang kita punya ke sosial media. Karena hal tersebut adalah cara paling mudah mengundang pembaca untuk mampir ke blog kita. Serta dengan cara tersebut, blog kita bisa dikenal oleh khalayak.

Demikian langkah mudah membuat blog untuk pemula. Semoga dapat membantu kalian untuk mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan dalam membuat blog.

0 Comments